Warning: include(forms.php) [function.include]: failed to open stream: No such file or directory in /home/batikdam/public_html/wp-content/plugins/wp-responder-email-autoresponder-and-newsletter-plugin/wpresponder.php on line 42

Warning: include(forms.php) [function.include]: failed to open stream: No such file or directory in /home/batikdam/public_html/wp-content/plugins/wp-responder-email-autoresponder-and-newsletter-plugin/wpresponder.php on line 42

Warning: include() [function.include]: Failed opening 'forms.php' for inclusion (include_path='.:/usr/lib/php:/usr/local/lib/php') in /home/batikdam/public_html/wp-content/plugins/wp-responder-email-autoresponder-and-newsletter-plugin/wpresponder.php on line 42
Batik di Indonesia : Macam-Macam Batik di Indonesia, dan Motif Batik di Indonesia | Batik Damayanti

Batik di Indonesia

Perkembangan Batik di Indonesia

Keelokan budaya bangsa Indonesia yaitu seni batik, memiliki beragam warna, motif dan makna. Ini pula yang membuat batik begitu terkernal di dalam dan luar negeri. Para pria dan wanita sangat gemar memakai batik untuk senggang ataupun saat acara resmi. Bahkan para turis asing banyak yang berburu batik untuk dijadikan cindera mata.

Batik di Indonesia ternyata memiliki begitu banyak macamnya, ada sekitar 2.500 motif batik yang telah resmi terdaftar, dan masih banyak lagi macam batik tradisional dan kontemporer lainnya yang belum masuk daftar. Dengan semakin banyaknya jumlah desainer yang berkecimpung di dunia batik, maka semakin bertambah pesat pula perkembangan motif dan ragam batik Indonesia. Bisa dibayangkan betapa kayanya budaya bangsa Indonesia ini. Keberadaan budaya batik ini juga diperkokoh dengan didirikannya Yayasan Batik Indonesia.

Dengan begitu gemilangnya keindahan batik, membuat negeri lain ada yang mengaku bahwa batik merupakan budaya leluhurnya. Tentu saja ini membuat pemerintah Indonesia tidak bisa tinggal diam, dan berinisiatif untuk mendaftarkan ke PBB agar batik diakui secara internasional sebagai budaya asli Indonesia. Hal ini karena memang pada kenyataannya seni budaya batik yang berkembang di Indonesia memiliki nilai historis dan budaya yang tinggi. Dari mulai batik yang tumbuh di masa kerajaan Majapahit hingga era modern ini, batik memang kenyataannya warisan leluhur bangsa Indonesia. Batik juga merupakan suatu bentuk identitas kebudayaan masing-masing daerah.

Pada bulan September 2009, melalui Dewan Pembina Yayasan Batik Indonesia, Doddy Soepardi, mengumumkan bahwa pihak Perstuan Bangsa-Bangsa melalui UNESCO telah secara resmi mengukuhkan bahwa batik Indonesia masuk dalam Daftar Perwakilan Budaya Tak Benda Warisan Manusia. Juga 2.500 macam motif batik termasuk yang terdaftar didalamnya. Dengan demikian diharapkan dimasa mendatang tidak akan ada negeri lain yang mengaku bahwa batik Indonesia sebagai warisan budaya negerinya.

Dengan pengukuhan ini, bertambah pesat pula pemasaran dan promosi batik. Baik di pasar tradisionil, toko-toko batik kelas menengah, hingga ke mall dan butik. Semangat membudayakan batik ini tidak hanya terasa di pusat kota Jakarta, tetapi juga tumbuh di daerah lainnya. Kini pemakaian batik yang sifatnya seragam tidak hanya dipakai untuk seragam sekolah, ataupun pegawai negeri, tetapi di banyak kantor swasta juga menetapkan bahwa hari Jum’at merupakan hari khusus untuk para pegawainya memakai baju batik, baik pria maupun wanita.

Keunikan batik tidak hanya sebatas untuk busana saja, tetapi meluas untuk pemakaian lainnya, seperti motif batik yang dipakai untuk tas, ransel, tas laptop, sarung bantal, gorden, sandal, sepatu, tudung saji, taplak meja hingga aksesoris dan perlengkapan rumah tangga lainnya. Hal ini membuat batik memacu kreatifitas dan inovasi.

Leave a Reply